Home      About Us      FAQ      How to Buy      Articles      Contact Us      My Account      My Wishlist      Shopping Cart [0]
User :
 
Password :
news
Cloud Computing
Bicoss Biling Colection System
TV Digital
Penerapan Teknologi informasi di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Pemerintah Kota Surabaya
Perkembangan Teknologi Pay TV Indonesia
Perkembangan Teknologi Telepon Satelit
Technology Mirrorless dibanding DSLR
Technology of GPS Tracker
Update Perkembangan Dunia IT di Bidang Game
Perkumpulan Seni Foto Surabaya
Koperasi XXI
Smart Home
Teknologi CCTV
Memilih Media Pemadam Api untuk Produk IT
Media Website dalam Kehidupan Sehari-hari
Hasil Survei: Orang Indonesia Paling Banyak Beraktivitas di Depan Layar Kaca
Cyber City
Bandwidth Management
Peran Perempuan di Dunia IT
IT di Kafe Gaul
Penyimpanan Data Server dan Backup Data
Events
Semarak Majalah, Animasi dan Game Digital Surabaya atau disingkat dengan SEMANGGI SUROBOYO
Cloud Computing

Siaran Talkshow MAKE IT EASY on 104,7 Sindo Trijaya FM Surabaya
(Hasil Kerjasama www.limabenua.com dengan 104,7 Sindo Trijaya FM Surabaya)
25 September 2014, pukul 15.00-16.00

Kamis (25/09) di Radio Shindo Trijaya FM memulai sebuah program “Make It Easy” yang bekerjasama dengan PT. Lima Benua Koneksindo. Program ini membahas seputar permasalahan menarik seputar dunia teknologi informasi atau IT. Talkshow dibawakan langsung oleh Adi Permana mulai pukul 14.00-15.00.

Tema talkshow kali ini mengusung topik yaitu “CLOUD COMPUTING”. Dengan mengundang narasumber Bapak Yusuf Kurniawan seorang pebisnis muda dari PT. Yolo Indonesia.

Cloud Computing merupakan sebuah istilah saja, jadi cluod yang berarti awan diibaratkan internet. Sebenarnya kita sudah menggunakan Cloud Computing yaitu menggunakan internet. Misalnya orang menggunakan facebook itu sudah bisa dikatakan menggunakan Cloud Computing, jadi sosial media sudah merupakan Cloud Computing. Seluruh negara ini sudah menggunakan Cloud Computing.

Cloud Computing terdiri dari storage, aplikasi, infrastructur, ada juga platform, semua istilah tersebut bekerja di internet. Kita tidak perlu install lagi di komputer, tinggal buka browser tinggal akses semua bisa dipakai untuk aplikasi, platform, dsb, jadi lebih murah tidak perlu membeli installer, tinggal langsung ambil saja melalui browser. Jadi awal mula istilah internet muncul itu sudah bisa dikatakan menggunakan Cloud Computing.

Ibaratnya Cloud Computing sama seperti PLN, jadi setiap konsumen masyarakat ketika menggunakan aliran listrik itu ada meterannya berarti apa yg dibutuhkan oleh konsumen sesuai dengan kebutuhannya dalam arti tidak usah install listrik lagi dalam arti membuat tenaga listrik baru tinggal langganan lagi ke PLN. Cloud Computing seperti itu juga, kita tidak perlu install lagi atau membeli CD installer lagi, kita tinggal subscribe dan bisa langsung menggunakan aplikasi tersebut misal sebuah aplikasi.

Manfaat Cloud Computing:
1.Storage, bisa menyimpan data di internet dalam artian lebih fleksibel, bisa menggunduh kapan saja, bisa akses dari mana saja.
2.Murah, jadi tidak perlu membeli installer yang mahal.
3.Simpel, hanya tinggal login menuju situs yg diinginkan.
4.Update otomatis, tidak usah menunggu patch. Kalau sudah Cloud Computing, secara otomatis sudah terupdate dari servernya sendiri.

Layanan Cloud Computing terbagi menjadi 3, yaitu:
1.IEES, misalkan sebuah provider yang terkenal yaitu Amazone web service, mereka menyediakan infrastructur jadi kita bisa membuat aplikasi, konfigurasi server, istilahnya kita pinjam komputer secara online di mereka.
2.PEES, menyediakan platform contohnya sistem operasi yang terkenal saat ini Windows Azure platform digunakan untuk membuat aplikasi, konfigurasi database, jadi disediakan sistem operasi secara online, kita bisa login menggunakan sistem operasi di sever mereka.
3.SEES, Cloud Computing yang paling banyak digunakan oleh end user contohnya Facebook, Gmail, Dropbox, dll. Jadi itu sebuah software, mereka menyediakan software yang ada di cloud, masing - masing customer bisa login ke server.

Di Surabaya hampir semua E-goverment menggunakan Cloud Computing, contohnya saja E-budgeting, server hanya 1 dipakai oleh semua Dinas. Ada juga yang telah memenangkan lomba di Luar Negeri SSW (Surabaya Single Window) juga suatu aplikasi, yaitu 1 server yang dipakai oleh perijinan online untuk semua perusahaan. Jadi badan usaha yang ingin memperoleh ijin mendirikan bangunan, SIUP, TDP, dsb bisa menggunakan SSW yang namanya Cloud Computing juga.

Sistem keamanan Cloud Computing:
1.Tergantung dari sisi user, biasanya yang mudah di bobol itu username dan password kalau bisa harus lebih berhati-hati, membbuat password harus dikombinasikan antara huruf, angka, dan simbol.
2.Sisi server, tetapi saat ini hampir semua layanan untuk penyimpanan saat ini sangat aman.

Membuat Cloud Computing sendiri itu sangat mudah, caranya:
1.Tergantung kebutuhannya untuk apa, misal kebutuhan storage sebuah perusahaan ingin memiliki server sendiri bisa diintegrasikan dengan jaringan.
2.Colocation, kita titipkan server kita ke penyedia layanan seperti Telkom, Lintas Arta, jadi perusahaan sendiri bisa bertukar data lewat 1 pintu.
3.Kebutuhan untuk aplikasi seperti website, jadi diupload melalui website itu bisa dikatakan Cloud Computing.

Perkembangan Cloud Computing di Indonesia saat ini begitu pesat dalam arti mulai bermunculan Data Center baru, yang jadi masalah yaitu koneksi internet. Saat ini jJaringan internet belum merata di seluruh pelosok Indonesia. Apabila ingin investasi untuk perusahaan yang ingin memiliki Cloud Computing untuk harga hardware server, paling murah kisaran 10juta. Apabila ingin membangun data server sendiri atau membangun tempat server sendiri itu membutuhkan banyak biaya.

 

 
Be the first to know!
Home
About Us
FAQ
Video Streaming
How to Buy
News & Events
Articles
New Arrivals
Contact Us
My Account
My Wishlist
Downloads
Testimonial
Forum
Career
Sitemap
 
© 2012-2014 Lima Benua Koneksindo. All rights reserved.