Home      About Us      FAQ      How to Buy      Articles      Contact Us      My Account      My Wishlist      Shopping Cart [0]
User :
 
Password :
news
Bocah Lima Tahun Ini Jadi Ahli Komputer Termuda
Events
Bandwidth Management
Peran Perempuan di Dunia IT
IT di Kafe Gaul
Penyimpanan Data Server dan Backup Data
All About Green Computing Technology
Bandwidth Management



Siaran Talkshow MAKE IT EASY on 104,7  Sindo Trijaya FM Surabaya
(Hasil Kerjasama www.limabenua.com dengan 104,7  Sindo Trijaya FM Surabaya)
08 Mei 2014, pukul 14.00-15.00


Kamis (08/05) di 104,7 Sindo Trijaya FM Surabaya memulai sebuah program “Make It Easy” yang bekerjasama dengan PT. Lima Benua Koneksindo (www.LimaBenua.com).  Program ini membahas seputar permasalahan menarik seputar dunia teknologi informasi. Memberikan informasi yang bersifat Edukasi bagi masyarakat, bahwa dengan adanya produk/perangkat IT itu sangat membantu dan mempermudah seseorang dalam melakukan aktivitasnya, baik di perusahaan maupun aktivitas lainnya. Talkshow dibawakan langsung oleh Adi Permana mulai pukul 14.00-15.00 WIB tiap kamis.  Dengan mengundang narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Ibu Angela dari PT. Lima Benua Koneksindo dan Bapak Joko Wicaksono dari PT. Cross Network Indonesia.

Topik yang dibahas adalah mengenai “Bandwidth Management”. Dari survei yang dilakukan komentar masyarakat mengenai Bandwidth Management dari 4 orang, ternyata masih ada beberapa anggota masyarakat yang masih bingung. Menurut Pak Joko, Bandwidth Management lebih tepatnya yaitu mengatur agar tidak terjadi kemacetan pada jalur data. Contohnya studi kasus jaringan internet di kantor atau sekolah, apabila salah satu komputer yang download film maka yang lain tidak kebagian. Dari sini mereka membutuhkan Bandwidth Management agar setiap komputer tidak saling mendahului untuk mendapatkan jaringan internet, jadi akan adil dalam pembagian jaringan internet. Intinya fungsi dari Bandwidth Management adalah untuk mengatur jumlah kapasitas kbps internet itu, terang Ibu angela selaku penyedia solusi IT.

Lebih jelasnya Pak Joko mengatakan Bandwidth Management ini tidak membagi rata melainkan diatur sesuai dengan kebutuhan. Katakanlah dalam sebuah perusahaan tiap karyawan berbeda-beda fungsinya, otomatis jika level di staff, manajemen, atau direksi itu untuk pembatasan bandwidth nya berbeda lagi. Jika untuk kebutuhan aplikasi misal email atau browsing mendapatkan prioritas yang utama. Jadi tidak harus dibagi rata namun sesuai dengan kebutuhan. Manajemen Bandwidth sebaiknya dilakukan ketika koneksi internet sudah masuk ke instansi atau perusahaan  itu baru kemudian memulai untuk menyusun aturan yang jelas bagaimana memanajemen bandwith tersebut, tambahnya.
Untuk produk Bandwidth Management ada dua tipe yaitu produk jadi dan produk customize. Untuk yang produk customize juga terdapat dua tipe yaitu yang berlisensi dan tanpa lisensi. Pada produk yang berlisensi tampilannya lebih menarik dan fitur-fiturnya lebih komplit, sedangkan yang tanpa lisensi harus merancang sistem sendiri yang pas. Jika untuk memudahkan administrator kebanyakan orang menggunakan produk yang sudah jadi, tinggal input jaringan seperti apa kemudian bandwidth nya diatur sedemikian rupa dan distribusi, selesai. Dan bisa kita memonitor secara langsung atau real time, semacam ada trafik control. Terang Pak Joko.

Dalam Bandwidth Management tersebut ada waktu penjadwalan, jadi ada jam tertentu yang bisa diatur untuk akses tertentu diblok atau dikunci.
Sms dari Ibu Titis menanyakan, apakah penggunaan Wifi portable atau modem bisa menggunakan bandwidth manajemen. Pak Joko menjawabnya, bahwa Bandwidth Management hanya ada dirouter. Selama portable wifi kita masih terhubung dengan router kita masih bisa manajemen bandwidth. Jadi jika portable networknya itu sudah include manajemen bandwidth tidak masalah.
Penggunaan Bandwidth Management diperlukan  ketika Bandwidth perusahaan tersebut besar misal 2 sampa 5 Mbps atau lebih, kemudian yang di handle banyak misal ada sekitar 50 user dan yang bisa internet hanya 20 atau 40 user. Perusahaan berskala kecil atau pegawai hanya sekitar 10 tidak memerlukan Bandwidth Management. Sms kedua dari Pak Yoan, menanyakan di kantor sering internet lemot apakah bisa dilakukan kecurangan pengaturan Bandwidth Management nya dan bagaimana cara mengetahuinya. Menurut Pak Joko, bisa dikarenakan internal jaringan tersebut  atau dari luar provider, jadi harus memastikan jaringan itu sendiri berjalan baik.


Bagi sebagian warung internet atau multiplayer game yang berlangganan bandwidth shared biasanya malam  bisa maksimal  atau mendapat bandwidth yang lebih besar. BBM dari Ibu Aini Banjarmasin, apakah dengan menggunakan  beberapa merk yang beredar dipasaran bisa menjamin pemakaian Bandwidth Management. Kata Pak Joko, menggunakan Bandwidth Management dari beberapa vendor sangat memungkinkan. Dalam keberhasilan pembagian Bandwidth Management itu tergantung system administrator atau yang mengontrol.
Biaya investasi tergantung besar jaringan, ada yang small bisnis, medium, ada beberapa  kelasnya warnet beda dengan kelasnya perusahaan. Dan perusahaan pun akan berbeda dengan perusahan telekomunikasi atu bidang provider.

 
Be the first to know!
Home
About Us
FAQ
Video Streaming
How to Buy
News & Events
Articles
New Arrivals
Contact Us
My Account
My Wishlist
Downloads
Testimonial
Forum
Career
Sitemap
 
© 2012-2014 Lima Benua. All rights reserved.